BerandaNewsBawaslu Kepulauan Selayar Gelar Tes Tertulis bagi Calon Anggota Panwascam

Bawaslu Kepulauan Selayar Gelar Tes Tertulis bagi Calon Anggota Panwascam

Intens.id, Kepulauan Selayar – Di sebuah pagi yang cerah di Jalan Pahlawan Bonea, hiruk pikuk aktivitas di SMKN 1 Selayar tak seperti biasanya. Laboratorium komputer di sekolah tersebut menjadi saksi bisu dari sebuah proses penting dalam perjalanan demokrasi lokal. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kepulauan Selayar menggelar tes tertulis bagi calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam), menggunakan metode Computer Assist Test (CAT). Senin, 13 Mei 2024.

Ketua Bawaslu Kepulauan Selayar, Nurul Badriyah, tampak berdiri dengan penuh kewibawaan di tengah para calon anggota yang terlihat penuh semangat. Dalam penjelasannya, ia menyampaikan bahwa tes ini adalah salah satu tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para pelamar yang sebelumnya telah dinyatakan lulus administrasi.

Bagi Bawaslu Kepulauan Selayar, proses seleksi ini bukan sekadar rutinitas, melainkan upaya serius dalam menjamin kualitas pengawasan pemilu di tingkat kecamatan. Nurul Badriyah dan timnya berkomitmen untuk melahirkan Panwascam yang tidak hanya kompeten, tetapi juga berintegritas tinggi, guna memastikan proses demokrasi berjalan dengan jujur dan adil.

Ketua Bawaslu Kepulauan Selayar, Nurul Badriyah menjelaskan bahwa tes yang dilaksanakan merupakan satu diantara rangkaian seleksi para pelamar baru yang telah dinyatakan lulus administrasi.

“Sedikitnya ada 19 peserta calon anggota Panwaslucam yang mengikuti tes tertulis hari ini, dari total 20 peserta yang melakukan pendaftaran kategori pendaftar baru dan dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 19 peserta. Sehingga ada lima (5) peserta yang dinyatakan tidak hadir mengikuti tes,” kata Nurul Badriyah.

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis), lanjut Badriyah, jumlah soal ada sebanyak 100 nomor pilihan ganda dengan waktu yang diberikan 90 menit dan essay atau mengisi sebanyak 10 nomor dengan waktu yang diberikan 45 menit.

“Soal-soal tes dalam perekrutan baru Panwaslu ini langsung disusun dan dikirim oleh Badan Pengasas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) di Jakarta secara online. Dan panitia tes ditingkat kabupaten dan kota hanya menyiapkan perangkat untuk pelaksanaan ujian tes tertulis ini,” Sambungnya.

Setelah tahapan tes CAT selesai para peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti seleksi wawancara yang dilakukan langsung oleh Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar pada tanggal 18 hingga 20 Mei 2024 yang akan datang sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Peserta yang dinyatakan lolos tes CAT akan kami umumkan melalui papan informasi di Sekretariat  Bawaslu Kabupaten maupun media sosial Bawaslu Kepulauan Selayar pada 17 Mei 2024 nanti,” terang  Badruah.

Sekadar untuk diketahui bahwa Bawaslu Kepulauan Selayar membuka perekrutan Panwaslu Kecamatan dengan kategori pendaftar baru hanya untuk 3 kecamatan yaitu Kecamatan Pasilambena, Kecamatan Pasimasunggu Timur dan Kecamatan Bontomatene untuk mengisi 5 kekosongan kuota untuk Calon Anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar yang menurut rencana akan dihelat pada 27 Nopember 2024.

 

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments