BerandaPendidikanTokoh Masyarakat Panciro Harapkan Mahasiswa KKN UINAM Mampu Memahami Situasi Masyarakat Pedesaan

Tokoh Masyarakat Panciro Harapkan Mahasiswa KKN UINAM Mampu Memahami Situasi Masyarakat Pedesaan

Intens.id, Gowa – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Angkatan 73, Posko IX Desa Panciro, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, sukses mengadakan Seminar Program Kerja di Aula Kantor Desa Panciro pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Kepala Desa Panciro, melalui Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Desa, Fhadly membuka kegiatan tersebut, menyambut bahagia mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar di Desa Panciro.

“Kami sangat berbangga dan bersyukur atas kehadiran anak anakku mahasiswa KKN dari UIN Alauddin Makassar di Desa kami. Semangat untuk kalian dalam memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat di Desa Panciro,” ujarnya

Mahasiswa KKN membahas 11 program yang terbagi dalam 5 bidang, antara lain Bidang Pendidikan yang mencakup program Bina Anak Cerdas dan Ruang Literasi Anak, Bidang Keagamaan yang melibatkan Festival Anak Soleh Indonesia (FASI), Mengajar Agama dan Membaca Al-Qur’an, serta Al-Kahfi Time.

Selanjutnya, Bidang Kesehatan turut andil dengan program KEIBUAN (Kesehatan Ibu dan Anak) serta Donor Darah Panciro Peduli. Bidang Sosial hadir melalui Bakti Sosial, Penyuluhan Hukum Pernikahan Dini, dan Program 17 Agustus.

Pihak Binmas dan Bhabinkamtibmas, menekankan pentingnya keselamatan mahasiswa KKN, khususnhya di posko hal paling sederhana memastikan pintu terkunci di waktu istirahat. Tak lupa juga melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan gangguan keamanan.

Tokoh Masyarakat Desa Panciro, Anwar Dg Malolo, menitikberatkan kepada mahasiswa untuk memahami typologi masyarakat sekitar.

“Saya berharap mahasiswa KKN UINAM bisa memberikan edukasi kepada masyarakat. Terapkan ilmu yang telah dipelajari di kampus dan pahami situasi masyarakat pedesaan, serta ambil pelajaran dari fakta-fakta di Desa Panciro,” ungkapnya.

Dengan suksesnya Seminar Program Kerja ini, mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar semakin bersemangat untuk menjalankan program-program yang telah direncanakan, memberikan kontribusi nyata, dan memperkaya pengalaman di Desa Panciro.

Acara seminar ini juga dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, termasuk Aparat Desa Panciro, Tokoh Masyarakat, Bhabinkamtibmas Desa Panciro, Binmas Desa Panciro, Kepala Dusun Mattirobaji, Kepala Dusun Kampung Parang, Kepala Dusun Bontoramba, Kepala Dusun Bontoramba Selatan, Karangtaruna, dan Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia(BKPRMI ).(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments