SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar menggelar sosialisasi pembelajaran mendalam (deep learning) pada Kamis (20/02/2025). Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para guru untuk mengintegrasikan deep learning ke dalam proses pembelajaran.
Taufieq, kepala SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar dalam sambutannya menekankan pentingnya untuk terus melakukan inovasi dalam pembelajaran guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang ada di sekolah.
“Kami harap adanya inovasi yang bisa dilakukan agar dapat membantu masyarakat untuk menemukan lapangan kerja khususnya di bidang kesehatan,” ujarnya.
SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar sendiri saat ini membina tiga program keahlian yakni keperawatan, farmasi klinik dan komunitas serta teknologi laboratorium medik.
“Khusus program keahlian keperawatan ditambahkan penambahan skill yaitu keperawatan kebidanan untuk menjawab tantangan kebutuhan pekerjaan di bidang kesehatan sekarang ini,” jelas Taufieq kepada pengawas pendamping, Drs. Sabirin, M.M.
Inovasi yang terus tumbuh
Drs. Sabirin, narasumber kegiatan tersebut menjelaskan jika saat ini perkembangan dunia yang semakin pesat harus diikuti oleh pembelajaran di sekolah. Ia menilai jika pendidikan bermutu harus melihat perkembangan teknologi yang diintegrasikan ke dalam metode pengajaran.
“Masa depan pendidikan di Indonesia sangat sulit diprediksi. Sehingga pembelajaran mendalam hadir sebagai solusi untuk menjawab tantangan pendidikan bermutu untuk semua,” terangnya.

Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang dirilis oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menunjukkan tingkat literasi di Indonesia masih rendah. Indonesia sendiri berada pada peringkat ke-74 dengan tiga indikator utama yakni membaca, matematika, dan sains.
Data tersebut kata dia menunjukkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami, menganalisis dan merefleksikan pengetahuan yang didapatkan secara efektif.
“Tentu ini menjadi perhatian serius bagi pendidikan kita hari ini. Pembelajaran mendalam ingin mengatasi tantangan dan hambatan itu agar siswa mendapatkan pengetahuan yang bermakna,” jelasnya.
Dalam paparannya ia menjelaskan jika pembelajaran mendalam merupakan pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) melalui olah pikir (intelektual), olah hati (etika), olah rasa (estetika), dan olahraga (kinestetik) secara holistik dan terpadu.
“Betapa pentingnya pengalaman belajar yang diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran mendalam akan meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah,” pungkasnya.