BerandaPendidikanIsmail Marzuki Berhasil Terbitkan Buku Inovatif untuk Mata Kuliah, Rektor Unifa: Semoga...

Ismail Marzuki Berhasil Terbitkan Buku Inovatif untuk Mata Kuliah, Rektor Unifa: Semoga Dosen Lain Bisa Mengikuti Jejaknya

Intens.id, Makassar – Dosen Program Studi Teknik Kimia Universitas Fajar (Unifa) Dr. Ismail Marzuki, M.Si, berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan menyelesaikan buku modul inovatif untuk mata kuliah Kimia Analisis dan Instrumentasi. Buku tersebut merupakan bagian dari hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka Porggam Studi 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran di perguruan tinggi.

Saat dikonfirmasi di Makassar, Sabtu, 29 Juni 2024, Dr. Ismail Marzuki, mengakatakan dalam bukunya tersebut menghadirkan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan teori dan praktik, menciptakan suatu alat pembelajaran yang komprehensif dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan terkini.

“Modul ini dirancang untuk memudahkan pemahaman mahasiswa dengan bahasa yang sederhana serta ilustrasi yang menarik,” ujar Ismail, sapaan akrabnya.

Deputi Rektor (DR) I Unifa itu, diketahui aktif melakukan penelitian, juga menulis puluhan judul buku, yang bukan hanya dalam lingkup ilmu kimia.

“Buku ini disiapkan sejak 2018 dalam bentuk PPT yang diajarkan ke mahasiswa dan diupdate setiap tahun sesuai dengan perkembangan dan hasil dari evaluasi mengajar. Penulisan intensif untuk terbit sebagai buku modul di mulai sejak bulan awal Maret 2024 dan rampung pada awal Juni. Dimasukkan ke penerbit awal juni hingga terbit tgl 23 Juni kemarin,” jelasnya.

Lebih jauh dirinya mengungkapkan perihal semangat untuk terus melahirkan karya,

“Tentunya penting karena modul ini adalah salah satu matakuliah wajib yang disajikan setiap semester genap di semester 4. Berisi penjelasan sederhana terkait peralatan analisis dan instrumentasi khususnya untuk AAS. GC-M. FTIR dan Spektorfotomater UV-Vis,” tambahnya

Buku modul ini diharapkan tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mahasiswa tetapi juga menjadi sumber pengetahuan berharga bagi Program Studi Teknik Kimia Universitas Fajar. Dengan penuh semangat, universitas dan tim akademiknya menyambut keberhasilan ini sebagai tonggak penting dalam peningkatan mutu pendidikan di bidang teknik kimia.

Program Kompetensi Kampus Merdeka, yang mendukung terbitnya buku modul ini, merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mendorong inovasi dan kreativitas di kalangan dosen perguruan tinggi. Melalui hibah ini, diharapkan akan lahir lebih banyak inisiatif pembelajaran yang revolusioner dan mendukung tujuan Kampus Merdeka untuk mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Buku modul ini tidak hanya mengukuhkan reputasi Dr. Ismail Marzuki sebagai akademisi yang berdedikasi, tetapi juga memperkuat posisi Universitas Fajar sebagai lembaga pendidikan yang terdepan dalam inovasi pembelajaran. Dengan pencapaian ini, diharapkan akan semakin banyak dosen dan mahasiswa yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

“Hal ini tentu sangat baik, semoga dosen yang lain bisa mengikuti jejak pak Ismail,” ujar Rektor Unifa, Dr. Mulyadi Hamid saat dikonfirmasi secara terpisah melalui whatssapp.

Hal senada diutarakan Ketua Prodi Teknik Kimia, Dr. Hj. Sinardi menyampaikan rasa bangga atas karya tersebut,
“Selamat kepada Dr. Ismail Marzuki atas keberhasilan yang gemilang ini! Semoga buku modul ini memberikan manfaat yang besar bagi pendidikan tinggi dan perkembangan ilmu pengetahuan di tanah air,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Sekadar diketahui dari 43 judul buku yang ditulis oleh Dr. Ismail Marzuki berikut beberapa judul yang berhasil dirangkum tim redaksi.

1. Kimia dalam Keperawatan
2. Eksplorasi spons Indonesia seputar Kepulauan Spermonde
3. Aplikasi Mikrosimbion spons dalam Bioremediasi Lingkungan
4. Filsafat Ilmu Pengetahuan di Era Milenial
5. Covid -19 Seribu satu macam
6. Budidaya Tanaman secara Organik
7. Desa Cerdas berbasis Organik dan IT
8. Teknologi komposit Indonesia
9. Kimia Organik Fisis.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments