BerandaTeknologiAlumni Teknik Kimia FTI UMI Kolaborasi Universitas di Indonesia Ciptakan Alat Grepacity...

Alumni Teknik Kimia FTI UMI Kolaborasi Universitas di Indonesia Ciptakan Alat Grepacity di PT. Pertamina Lubricants

Intens.id, Jakarta – Mendukung Grand Strategy Pertamina Lubricants 2023 terkait Strengthen the core, Laboratorium PUJ melakukan mapping terhadap parameter pengujian yang masih dilakukan secara manual oleh analis.

Dari hasil mapping didapatkan 40 persen preparasi pengujian yang dilakukan analis masih manual, salah satu pengujian manual dengan nilai bias tertinggi adalah pengujian penetrasi untuk grease (gemuk).

Pengujian penetrasi merupakan critical test yang bertujuan untuk mengetauhi tingkat kekerasan dari produk grease. Akan tetapi preparasi pengujian secara konvensional mengakibatkan masih adanya bias dalam menentukan hasil pengujian sehingga berpotensi terjadinya complain.

Oleh karena itu, upaya untuk mengatasi permasalan tersebut adalah membuat alat Grepacity. Grepacity didesain dengan ukuran 39×54×81 cm yang bertujuan untuk mengeleminasi bias pengujian. Selain itu, alat Grepacity dilengkapi alat control yang mampu mengendalikan alat secara otomatis.

Tim Al-Fatih Gre PTPL, yang beranggotakan Alumni Teknik Kimia FTI Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yaitu Ir. Sentiyaki, S.T., IPP dan rekan timnya Anisa Dien Rachmawati, S.T (Alumni Universitas Diponegoro), Agus Aryanto (Alumni Poleteknik LP3I Jakarta), Dhika Gustama, S.Si (Alumni Universitas Islam Negeri Jakarta), Ishak sambash (Alumni SMK Angkasa 1 Bandung), Arliyansah (Alumni ST MIPA Bogor), Ahmad Andhira S.T, (Alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta), Muflih Syihabudin (Alumni AKA Bogor), serta beberapa fasilitator lainya seperti Nurkholis (Kepala Lab PUJ) dan Nurudin (Manager Quality Assurance) dari PT. Pertamina Lubricants.

Alat Grepacity diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan proses pengujian dengan hasil bias yang tinggi pada pengujian produk grease serta meningkatkan akurasi pengujian produk grease.

Inovasi tersebut sedang mengikuti kompetisi Continous Improvement Program (CIP) pada bulan November 2023, yaitu sebuah program pencarian inovasi dalam rangka penyelesaian masalah kerja dan penigkatan efisiensi di lingkungan kerja PT. Pertamina Lubricants.

Alumnus Teknik Kimia FTI UMI, Sentiyaki, menyampaikan terimakasih kepada seluruh yang turut mendorong antusiasnya dalam berkarya, Senin 14 Agustus 2023.

“Ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Prof. Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, S.T., M.T., ASEAN ENG (Dosen FTI, UMI), Dody Arief Aditya (Manager Production Unit Jakarta) dan rekan-rekan lainya yang telah memotivasi serta mendukung inovasi tersebut sehingga layak untuk digunakan di lingkungan Laboratorium PT. Pertamina Lubricants, Jakarta,” katanya.

“Saya berharap dengan adanya alat ini tingkat kepercayaan diri analis terhadap pengujian penetrasi grease meningkat karena alat sudah didesain otomatis,” kunci Sentiyaki.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments