BerandaPendidikanMahasiswa Pascasarjana Bimbingan dan Konseling UNM Siap Menghelat Counseling Inspiring and Career...

Mahasiswa Pascasarjana Bimbingan dan Konseling UNM Siap Menghelat Counseling Inspiring and Career Expo

Intens.id, Makassar – Aula Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) bersiap untuk menjadi pusat kegiatan yang penuh inspirasi dan semangat pembelajaran pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Program Pascasarjana Bimbingan dan Konseling UNM akan menggelar acara tahunan yang dinantikan, Counseling Inspiring and Career Expo (CICE) 2024. Mengusung tema “Meningkatkan Kapabilitas Generasi Alpha dalam Menghadapi Transformasi Digital”, kegiatan ini diharapkan mampu membekali generasi muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan di era digital.

CICE 2024 bukan sekadar acara biasa. Dengan berbagai kegiatan menarik, acara ini dirancang untuk memberikan manfaat maksimal bagi siswa SMP dan SMA yang menjadi pesertanya.

Salah satu kegiatan utama adalah talkshow yang akan menghadirkan para pakar di bidang teknologi dan pendidikan. Mereka akan berbagi wawasan tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Generasi Alpha di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital.

Tidak hanya itu, CICE 2024 juga menyediakan layanan konsultasi. Para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan konselor berpengalaman mengenai berbagai isu terkait pendidikan, karier, dan perkembangan diri. Layanan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik dan lebih percaya diri.

Salah satu kegiatan yang paling dinantikan adalah “Ranking 1”, sebuah kompetisi edukatif yang dirancang khusus untuk siswa SMP dan SMA. Kompetisi ini tidak hanya menguji pengetahuan umum para peserta, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka. Dengan format yang interaktif dan menyenangkan, “Ranking 1” dipastikan akan menjadi pengalaman belajar yang berharga dan menyenangkan bagi semua peserta.

Muhammad Riszky, ketua panitia pelaksana CICE 2024 menjelaskan tema yang diangkat ini menjadi isu penting untuk didiskusikan mengingat saat ini siswa sudah masuk pada generasi Alpha. Kamis, 30 Mei 2024.

Menurutnya, generasi alpha ini memiliki karakteristik unik terkhusus akses teknologi informasi yang sangat berkembang. Pilihan karir juga sangat beragam tidak seperti generasi sebelumnya.

“Kegiatan ini menjadi penting sebab dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang berbagai bidang karir yang tersedia,” ujarnya.

Namun terdapat beberapa tantangan berbagai persoalan yang dihadapi oleh generasi ini khususnya pada isu kesehatan mental, kecanduan teknologi, dan keamanan online.

Ia juga menjelaskan penting untuk memberikan edukasi terhadap generasi alpha terkait dengan peningkatan kapabilitas di era transformasi digital.

“Ini menjadi tantangan bukan hanya pada generasi alpha, tapi juga para pendidik dan masyarakat luas memahami karakteristik agar mampu mengatasi tantangan dan meningkatkan kapabilitas mereka termasuk dalam hal perencanaan karir,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana UNM, Sahril Buchori, mengharapkan kegiatan berdampak bukan hanya bagi masyarakat melain juga mahasiswa penyelenggara itu sendiri.

“Adanya kegiatan positif ini memberikan kesempatan masyarakat secara luas mendapatkan informasi berkaitan dengan generasi alpha yang tentu berdampak terhadap pola Pendidikan dan komunikasi yang sebaiknya digunakan,” ujarnya.

“Hal ini bertujuan agar potensi dan bakat generasi alpha dapat dikembangkan ke arah yang positif,” tambahnya.

Ia juga terus mendorong mahasiswa untuk tetap berkontribusi terhadap masyarakat terutama dalam konteks bimbingan dan konseling.

“Selain itu juga kegiatan ini juga sangat penting mengasah manajemen mahasiswa program pascasarjana bimbingan dan konseling UNM dalam mengelola kegiatan serta memberikan manfaat bagi masyarakat secara langsung,” tutupnya.

Dengan segala persiapan yang matang, CICE 2024 diharapkan menjadi ajang yang tidak hanya edukatif, tetapi juga memotivasi dan membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berkembang.

Talkshow sendiri menghadirkan 3 narasumber yakni Prof. Dr. Farida Aryani, M.Pd yang merupakan Kepala UPT Layanan Bimbingan dan Konseling UNM, Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si. Kons. yang merupakan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM serta A.Suriamma Pasinringi, SH., M.Si dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum. Bagi yang berminat dapat mendaftar melalui link https://bit.ly/CICE2024.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, CICE 2024 diharapkan akan meninggalkan kesan mendalam bagi setiap pesertanya dan menjadi langkah awal yang penting dalam perjalanan mereka menghadapi dunia digital yang terus berkembang. Sabtu, 1 Juni 2024, akan menjadi hari yang penuh inspirasi di Aula Pascasarjana UNM, di mana generasi Alpha dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang tangguh dan berdaya saing.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments