BerandaNewsIkuti Diklat Kapasitas Personil Damkar Bulukumba Ditingkatkan

Ikuti Diklat Kapasitas Personil Damkar Bulukumba Ditingkatkan

Intens.id, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Satuan Polisi Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan bekerjasama dengan Politeknik Penerbangan Makassar menggelar dua kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) teknik pencegahan dan pemadaman api dan Diklat kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Panitia penyelenggara Tri Agung Widayat melaporkan bahwa jumlah jam pelajaran diklat teknik pencegahan dan pemadaman api dan pendidikan dan pelatihan kesehatan dan  keselamatan selama 48 jam yang berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 7 sampai 11 Agustus 2023.

“Peserta sebanyak 20 orang dari personil pemadam kebakaran,” ungkap Tri Agung saat pembukaan Diklat di aula Bappelitbangda, Senin 7 Agustus 2023.

Direktur Politeknik Penerbangan Makassar Saptandri Widyanto menyampaikan Diklat ini merupakan diklat pemberdayaan masyarakat Politeknik Penerbangan Makassar, di mana seluruh biaya ditanggung oleh Politeknik Penerbangan Makassar tahun anggaran 2023.

Dikatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata Politeknik Penerbangan Makassar dalam meningkatkan kualitas masyarakat khususnya SDM aparat Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

“Terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada kami khususnya untuk mengadakan diklat ini. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan hasil positif bagi kedua belah pihak,” pintanya.

Menurutnya, aspek keselamatan dan keamanan masyarakat memegang peran yang sangat penting, sehingga peningkatan keselamatan dan keamanan masyarakat merupakan hal yang menjadi prioritas utama.

Olehnya itu pihaknya melakukan peningkatan kualitas masyarakat khususnya personil pemadam kebakaran.

“Dengan adanya pelatihan semacam ini, personil pemadam kebakaran dapat bertambah ilmu pengetahuan baru yang berkaitan dengan teknik pemadaman api dan K3,” bebernya.

Di dalam diklat ini tambahnya, peserta akan diberikan pelatihan secara teori dan praktikum tentang tata cara menghadapi situasi bahaya yang terjadi secara tiba – tiba.

Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi kerjasama ini, sehingga ada upaya peningkatan kapasitas bagi personil pemadan kebakaran yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Andi Utta sapaan akrab bupati mengatakan peran anggota Satpol PP Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan diharapkan dapat mempersiapkan diri secara mental dan teknis dalam melaksanakan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan, melalui berbagai pelatihan peningkatan kapasitas SDM seperti ini.

“Melalui pelatihan peningkatan SDM ini, diharapkan personil Pemadam Kebakaran mampu memahami tupoksinya, dan dapat mengaplikasikannya di lapangan,” ungkapnya.

Dengan melihat pada kewenangan yang diberikan kepada SatPol PP, tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan Satpol PP sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, terkait perlindungan masyarakat, termasuk bagaimana lebih cepat tanggap dalam melaksanakan fungsi pemadam kebakaran.

“Olehnya itu penting petugas Damkar dibekali dengan ilmu dan Teknik Kesehatan dan Keselamatan Kerja,” imbuhnya.

Turut hadir dalam pembukaan Diklat Peningkatan SDM ini, Wakil Bupati Andi Edy Manaf, dan Kasatpol PP Damkar dan Penyelamatan, Haerul Nurdin.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments