BerandaPendidikanMilad ke 69 UMI, Mahasiswa Teknik Kimia Manfaatkan Minyak Jelantah Raih Juara...

Milad ke 69 UMI, Mahasiswa Teknik Kimia Manfaatkan Minyak Jelantah Raih Juara Start Up Competition

Intens.id, Makassar – Milad ke 69 Universitas Muslim Indonesia Makassar, Mahasiswa Teknik Kimia Raih Juara Start Up Competition pada UMI EXPO 2023 yang mengusung tema,  Embracing Smart University, Pameran Produk Inovasi dan Workshop diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis UMI. Minggu, 18 Juni 2023.

Serangkaian kegiatan berlangsung di Auditorium Al-Jibra Universitas Muslim Indonesia, tim mahasiswa Teknik Kimia yakni Novitasari dan Vita Febrianti Mansyur meraih juara tiga pada lomba Start Up Competition.

Kompetisi tersebut diikuti oleh 7 tim yang lolos seleksi dari 27 proposal yang dilombakan. Peserta berasal dari seluruh fakultas dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia.

Novitasari Mahasiswa angkatan 2022, selaku peserta, mengatakan pada lomba kali ini menampilkan produk berupa lilin aromaterapi dari minyak jelantah yang diperoleh dari bekas penggorengan.

“Semoga produk ini bisa dikembangkan lagi kedepanya agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” harap Novi, sapaan akrabnya.

Sebagaimana diketahui, minyak jelantah merupakan minyak yang telah digunakan lebih dari dua atau tiga kali penggorengan, dan dikategorikan sebagai limbah karena dapat merusak lingkungan dan dapat menimbulkan sejumlah penyakit.

Dengan sifat karsinogennya berdasarkan riset disebutkan dapat memicu sel kanker, memicu peningkatan kolestrol dan tekanan darah.

Koordinator pengembangan riset dan teknologi, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) FTI UMI, Muhammad Resky Rachmanto, menyebutkan minyak jelantah yang dibuang begitu saja dapat menjadi salah satu sumber cemaran lingkungan.

”Mereka membuat produk lilin aromaterapi dari minyak jelntah. Dimana minyak jelantah yang ada di rumah dan industri makanan dikumpulkan lalu dimurnikan menggunakan arang aktif dan setelah itu dibuat lilin aroma terpinya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi limbah minyak jelantah yang tidak digunakan secara maksimal,” urainya.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments