BerandaNewsTema dan Filosopi Logo Hari Jadi Bulukumba ke 64 yang Menggunakan Simbol...

Tema dan Filosopi Logo Hari Jadi Bulukumba ke 64 yang Menggunakan Simbol Air

Intens.id, Bulukumba – Hari Jadi Kabupaten Bulukumba diperingati setiap 4 Februari. Pada tahun 2024 ini kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi atau tanah sang pandai kapal ini tepat berusia 64 tahun.

Seperti peringatan hari jadi di tahun-tahun sebelumnya, salah satu yang menarik dan dinantikan oleh masyarakat tidak hanya kegiatan apa yang hendak digelar tetapi juga logo resmi hari jadi yang memiliki ciri khas tersendiri setiap tahunnya.

Untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba merilis logo angka “64” yang dibentuk seperti tetesan air, yang diberi warna dasar jingga dengan gradasi biru hijau dan kuning.

Pemkab melalui Kabid Humas Diskominfo Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad, menjelaskan bahwa logo yang dirilis itu merupakan gambaran dari tema hari jadi.

Tema hari jadi yakni “Improving Food Security and Economic Development for Better Future.” atau jika diterjemahkan artinya “Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pembangunan Ekonomi Untuk Masa Depan yang Lebih Baik.”

Angka 64 dalam logo adalah angka hari lahir Kabupaten Bulukumba yang ditetapkan pada tanggal 4 Februari 1960 melalui Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 1994 tentang Hari Jadi Kabupaten Bulukumba.

Elemen air merepresentasikan tentang filosofi air sebagai semangat Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam meningkatkan ketahanan pangan dan pembangunan ekonomi daerah yang lebih baik.

“Air menyimbolkan tentang kejujuran, ketangguhan, kehidupan, ketenangan, jiwa visioner, serta mampu menyesuaikan. Begitulah harapan kita dalam program ketahanan pangan,” terang Andi Ayatullah, Senin 22 Januari 2024.

Sementara kolaborasi warna pada logo, menurut Andi Ayatullah mengimplementasikan bentuk cinta, semangat kerjasama masyarakat untuk terus berkolaborasi menuju cita-cita luhur Kabupaten Bulukumba.

Selain logo, Andi Ayatullah mengungkapkan Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf juga telah membentuk panitia perayaan hari jadi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Andi Buyung Saputra kembali dipercaya sebagai ketua panitia, dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Thaiyeb Manigkasi ditunjuk sebagai wakilnya.

Sementara untuk puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba akan dipusatkan di Lapangan Pemuda. Di puncak kegiatan ini Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin diundang hadir dan meresmikan sejumlah proyek pembangunan yang dikerjakan tahun anggaran 2023.(*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments