BerandaOlahragaBEI Dukung Penguatan Ekosistem Pasar Modal Dari Segala Lini

BEI Dukung Penguatan Ekosistem Pasar Modal Dari Segala Lini

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyambut baik dan mendukung penuh setiap upaya penguatan ekosistem pasar modal di segala lini.

Seperti halnya yang dilakukan oleh komunitas wartawan pasar modal, Capital Market Journo Camaro), dengan menggelar turnamen olahraga futsal bertajuk Camaro Futsal Competition 2023, yang diikuti oleh 16 emiten dan delapan forum wartawan.

“Sepintas mungkin hanya kegiatan olah raga, tapi (kegiatan) ini sangat efektif dalam membangun kebersamaan dalam ekosistem pasar modal itu sendiri, sehingga sekaligus menjadi sosialisasi industri (pasar modal) dalam bentuk tersendiri,” ujar Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, dalam ceremony pembukaan Camaro Futsal Competition 2023, di Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

Bahkan, bila saat ini telah melibatkan puluhan emiten sebagai pendukung acara dan belasan diantaranya menjadi peserta, Jeffrey berharap ke depan perusahaan-perusahaan sekuritas yang menjadi Anggota Bursa (AB) juga tak ketinggalan dalam mengikuti acara ini.

Dengan adanya wadah kebersamaan semacam ini, menurut Jeffrey, bakal dapat memperkuat ekosistem pasar modal nasional secara lebih efektif. Dengan demikian, setiap tantangan yang ada di lapangan diharapkan juga bakal bisa dihadapi dan dicarikan solusinya secara bersama-sama.

“Kita juga bisa melihat bahwa mayoritas investor ritel kita saat ini adalah generasi muda. Sehingga kegiatan-kegiatan semacam ini, dengan mengangkat tagline ‘maju bersama pasar modal Indonesia’, Saya rasa justru lebih tepat dan efektif dalam memperkuat edukasi dan sosialisasi di masyarakat,” tutur Jeffrey.

Terakhir, Jeffrey berharap berbagai inisiatif dan inovasi kegiatan semacam ini dapat dipertahankan, dan bahkan ditingkatkan guna mengembangkan industri pasar modal secara keseluruhan. Terutama dalam hal memperkuat basis investor di masyarakat.

“Kalau perlu hadiahnya terus diperbesar setiap tahun, agar pesertanya makin semangat, dan makin banyak. Dengan begitu, gaungnya di masyarakat juga bisa semakin maksimal,” tegas Jeffrey.

Sementara, Kepala Departemen Perizinan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Luthfy Zain Fuady, juga mengapresiasi atas inisiatif Camaro dalam membangun kebersamaan di lingkup ekosistem pasar modal nasional.

Dengan kebersamaan dan komunikasi yang lebih baik, diharapkan juga dapat mendukung proses transmisi berbagai kebijakan dan peraturan pasar modal dari regulator kepada publik secara luas.

“Secara komunikasi jadi lebih lancar. Kalau ada masalah, penanganannya juga lebih mudah. Dan lebih nyaman juga secara maintancenya,” ujar Luthfi.

Dalam membangun dan mengembangkan industri pasar nasional, menurut Luthfi, perlu sumbangsih dan kontribusi dari berbagai pihak.

Tidak hanya pelaku pasar, pelaku industri dan regulator yang sehari-hari berkecimbang dalam aktivitas pasar modal, keberadaan wartawan dan dunia media juga disebutnya memiliki peran yang sangat penting.

“Terlebih untuk industri yang relatif sangat spesifik seperti pasar modal ini. Untuk berharap agar literasi dan pengetahuan masyarakat terhadap industri ini baik, andalannya tentu dunia media. Sehingga ketika ada inisiatif bersama seperti ini, tentu ini sangat positif,” tutur Luthfi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edhi Prasetyo, mengakui bahwa Camaro Futsal Competition merupakan salah satu turnamen futsal amatir yang selama ini telah dijalankan secara rutin dan konsisten.

Atas inisiatif tersebut, Edhi mewakili FFI menyatakan terima kasihnya kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang terlibat.

“Sangat menggembirakan lagi, bahwa (acara) ini bukan diinisiasi oleh wartawan olahraga atau wartawan bola, melainkan wartawan ekonomi. Wartawan pasar modal. Tapi konsisten menggelar turnamen futsal, ini kami dari FFI tentu sangat terbantu dan berterima kasih,” ujar Edhi, yang juga turut hadir di lokasi acara.

Berbagai inisiatif seperti halnya yang dilakukan oleh Camaro, menurut Edhi, sangat penting dalam upaya mengembangkan olah raga futsal di Indonesia. Hal ini tak lepas dari sangat banyaknya bibit-bibit berkualitas yang ada di masyarakat, sehingga perlu mendapatkan wadah yang memadai untuk mengembangkan diri.

“Seperti juga sepak bola, kita itu tidak pernah kekurangan bibit-bibit berkualitas untuk futsal. Tinggal bagaimana kita bisa menemukan bibit-bibit itu dan memberikan wadah untuk bisa berkembang lebih baik lagi. Nah, yang telah dilakukan oleh Camaro itu, telah sangat membantu kami dalam kepentingan itu,” tegas Edhi.

Camaro Futsal Competition sendiri pertama kali digelar sejak 2011 lalu dengan nama Capital Market Journalist Cup (Catalist Cup). Sempat beberapa kali mengalami pergantian nama, event ini rutin digelar setiap tahun, dan hanya sempat vakum saat pandemi COVID-19 lalu.

Memasuki penyelenggaraan ke-11 kali ini, Camaro mesih konsistem menggandeng emiten-emiten sebagai pendukung acara, dengan harapan agar ajang ini dapat juga menjadi wadah silaturahmi antar sesama pelaku industri pasar modal nasional.

Acara ini didukung penuh oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI).

Dari jajaran emiten, dukungan juga datang dari PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), Mining Industry Indonesia (MIND ID), PT BNI Sekuritas, PT Astra International Tbk (ASII) dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF).

Selain itu, tak ketinggalan juga PT PP Tbk (PTPP), PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Jamkrindo, Harita Group, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) dan sejumlah emiten lain.

Dalam turnamen ini, juara 1 dengan nilai hadiah Rp13 juta berhasil dimenangkan PT Pupuk Indonesia (Persero) dari tim korporasi, dan tim wartawan Forum Wartawan BUMN (FWBUMN).

Kemudian juara 2 dengan nilai hadiah Rp10 juta berhasil diraih PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dari tim korporasi, dan tim wartawan Forum Pewarta Foto Ekonomi (Fortami).

Adapun juara 3 dengan nilai hadiah Rp7 juta berhasil dimenangkan PT Telkom Tbk dari tim korporasi, dan tim wartawan Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub).

Sementara juara 4 dengan nilai hadiah Rp4 juta berhasil diraih PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) di tim korporasi, dan tim wartawan Jurnalis Ekonomi Syariah (JES).

Tidak hanya hadiah untuk tim juara saja, namun Camaro Futsal Competition 2023 juga memberi apresiasi kepada pencetak gol terbanyak (top skorer) dengan nilai hadiah Rp1 juta. Peraih top skorer turnamen ini adalah Rudiana dari PT Pupuk Indonesia (Persero) di kategori tim korporasi, dan Alfon Yoshio dari Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub).

Melalui acara semacam ini, Camaro berharap dapat memperkuat komunikasi dan jejaring, serta kualitas pemberitaan seiring dengan silaturahmi yang terjalin baik dengan kalangan emiten.

Tak hanya itu, sebagai peliput yang sehari-hari bertugas di industri pasar modal nasional, Camaro ingin turut bersumbangsih lewat penguatan sosialisasi melalui platform dan pendekatan berbeda, yang diyakini lebih bisa diterima di masyarakat luas.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments