Iringi Proses Pernikahan Anak Dirut PT GMS, Hikpem Tebatu Menampilkan Pertunjukan Budaya Khas Sulsel

0
Himpunan Kreativitas Pemuda (Hikpem) Tetebatu bersama Sanggar Seni Pakkio Art

Intens.id, Bontang – Himpunan Kreativitas Pemuda (Hikpem) Tetebatu bersama Sanggar Seni Pakkio Art usai memberikan pertunjukan adat budaya di acara Pernikahan Malam Mapacci atau Korongtigi di kediaman mempelai laki-laki.

Malam Mapacci atau Korongtigi ialah penyuciaan bagi calon mempelai dari segala kotoran, dosa atau keburukan lainnya yang pernah dilakukan, baik di sengaja maupun tidak di sengaja, dilansir halaman resmi duniapendidikan.id.

Sementara pelaksanaan Malam Mapaccinya berlangsung di kediaman Direktur Utama PT Geraha Mandala Sakti (GMS), H Kahar Kalam, SH yang merupakan orang tua dari mempelai laki-laki yakni Alfin Rausan Fikry, SH

“Malam Mappaci atau Korongtigi ini berkesan sekali untuk anak saya karena menampilkan pertunjukan sanggar seni dari Hikpem Tetebatu dan Sanggar Seni Pakkio Art,” ungkap Kahar, di kediamannya, Jl Api-Api Rt 09, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Kamis (6/7/2023).

Pertunjukan Hikpem Tetebatu dan Sanggar Seni Pakkio Art menampilkan Pepe-pepeka Ri Makka dan Silat Manca.

Pepe-pepeka Ri Makka ialah tarian untuk dakwah asal Sulawesi Selatan, yang erat kaitannya dengan Nabi Ibrahim, sedangkan Silat Manca merupakan seni bela diri khas Sulawesi Selatan yang dilakukan secara lembut, pengertian secara umum, dilansir pelbagai media.

Pertunjukan ini mendapat respon baik dari Ketua Keluarga Kerukunan Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Bontang, H Aznem SE M.Si yang menyaksikan penampilan sanggar seni dan budaya dari Tetabatu dan Palantikang Gowa, Sulawesi Selatan.

“Semoga ada pelatihan kesenian tradisional Sulsel demi menjaga dan melestarikan budaya serta dapat memahami sejarah Sulawesi Selatan,” harap, Aznem, yang juga selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Parawisata Kota Bontang.

Usai kegiatan tersebut, Agung Mutakabbir AlBasyar mewakili kedua lembaga tersebut memberikan kesannya kepada H Kahar Kalam, SH, orangtua mempelai laki-laki yang mengundang kami tampil di acara Malam Mapaccinya.

“Terimakasih kepada bapak haji yang telah mengundang kami untuk menampilkan pentas seni kami di bontang, ucapan terimakasih juga kapada kak Akbar Opa dan Hardiansyah Dg Bani pimpinan Sanggar Pakkio Art yang mengajak kami untuk berkolaborasi,” tutur Agung, Ketua Hikpem Tetebatu.

Tamu yang hadir di Malam Mapacci atau Korongtigi ini diantaranya Kadispopar Bontang, mantan Wali Kota Bontang, Kapolda Kaltim, Kalpolres Bontang beserta jajarannya, tokoh-tokoh masyarakat Kota Bontang lainnya.

“Ini merupakan pengalaman berharga yang sekaligus ajang mempromosikan organisasi kami Himpunan Kreativitas Pemuda Tetebatu dan Sanggar Seni Pakkio Art, pelayanan juga yang sangat anutisias, ramah dan memperlakukan kami layaknya keluarga dekat,” tutup Agung.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini