Mahasiswa MM FEB Universitas Negeri Malang Tingkatkan Potensi UMKM Melalui Program Pengembangan Manajerial

1
Tim Program Pengabdian MM UM Bersama Owner dari UMKM Kue Karisma, Foto: Ist
Tim Program Pengabdian MM UM Bersama Owner dari UMKM Kue Karisma, Foto: Ist

Intens.id, Makassar – Dalam sebuah upaya untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat terutama dibidang UMKM, Mahasiswa Magister Manajemen FEB Universitas Negeri Malang yang dibina oleh Dr. Agus Hermawan, GradDipMgt., M.Si, Mbus selaku ketua tim pengabdian, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Pengembangan Wawasan Manajerial dengan tema pendampingan manajemen usaha UMKM.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan meningkatkan keunggulan bersaing dari UMKM Kue Karisma sebagai pelaku UMKM di Kota Malang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan, dimulai pada bulan September sampai pada bulan Desember di UMKM Kue Karisma di Kecamatan Sukun Kota Malang.

Berdasarkan pertemuan yang dilakukan oleh para tim pengabdian dengan saudari Shafiyyah Nadida selaku owner dari UMKM Kue Karisma, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh UMKM, antara lain: belum memiliki pola pencatatan keuangan yang terstruktur, perlu adanya pengembangan dari segi desain produk, belum adanya pengembangan pemasaran secara online, serta perlunya inovasi produk agar dapat menghasilkan produk yang inovatif sehingga dapat meningkatkan omset penjualan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang pengelolaan dasar dari UMKM/Bisnis berbasis teknologi melalui pendampingan mahasiswa pascasarjana FEB UM. Hal yang paling dasar yang menjadi fokus dalam pengabdian ini ialah sektor pencatatan keuangan berbasis digital, pengembangan marketing dengan pemanfaatan social media, serta desain inovasi produk’’ pungkas Diding Setiawan dan Rosana Oktaviani selaku tim pelaksana kegiatan pengabdian ini. (*)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini