BerandaNewsDesa Wisata di Sulsel Bisa Go Internasional

Desa Wisata di Sulsel Bisa Go Internasional

Intens.id, Makassar – Desa Wisata di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) diakui bisa melenggang sampai mancanegara. Apalagi sejauh ini satu-satunya provinsi di Sulawesi yang masuk 500 desa wisata hanya Sulsel.

Hal tersebut diakui Founder dan CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan, dalam acara GPR Dialogue dengan tujuan orkestrasi komunikasi publik dalam meningkatkan potensi pariwisata.

“Kalau boleh usul Provinsi Sulawesi Selatan sudah masuk 500-an desa wisata dan diharapkan desa wisata di Sulsel go internasional,” ungkap Asmono dalam Government Public Relation Dialogue, yang dilaksanakan di Gedung Mulo, Selasa, 13 Juni 2023.

Menurut dia, untuk mewujudkan hal-hal tersebut sangat penting peran komunikasi dalam menyebarluaskan informasi mengenai pariwisata di Sulsel.

“Hari ini komunikasi itu sangat penting sekali, kita dalam sehari-hari saja masih sering salah dalam komunikasi. Saya kira dengan pemahaman yang kuat dan konsisten kawan-kawan Humas pemerintah semakin maju dan semakin harmonis dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,” urainya.

Praktisi PR dan Wakil Dekan Fisip Universitas Hasanuddin, Dr. M. Iqbal Sultan, menilai, selain memperkuat komunikasi, didukung media sosial dan media massa, sektor pariwisata harus didukung juga dari segi infrastruktur.

“Bagaimana bandara, sarana prasarana yang ada di tempat wisata juga harus mendukung untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena itu kesan pertama bagi mereka (wisatawan),” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Devo Khaddafi, menyampaikan terimakasih kepada seluruh hadirin atas kesediaan hadir secara langsung dalam acara tersebut.

“Selamat datang bapak ibu, khusus narasumber dan tentunya secara khusus kepada Bapak Pj Sekprov Sulsel Andi Darmawan Bintang dan seluruh hadirin lainnya,” ucap Ketua Perhumas Provinsi Sulsel itu.

Sementara, Kepala Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Asriady Sulaiman, menyampaikan, saat ini Pemprov Sulsel sudah melakukan berbagai kegiatan dan promosi pariwisata di Sulsel.

“Alhamdulillah sejauh ini Pemprov Sulsel sudah berkolaborasi dengan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mempromosikan pariwisata kita,” ungkapnya.

Sebagai Keynote Speaker, Pj Sekprov Sulsel, Andi Darmawan Bintang, menjelaskan bagaimana situasi dan kondisi puluhan destinasi wisata di Sulsel. Mulai wisata alam, wisata budaya, wisata laut, sehingga wisata kulinernya.

“Pemerintah Provinsi Sulsel tentunya akan terus memberikan perhatian khusus kepada pariwisata yang ada di Sulawesi Selatan. Bagaimana komunikasi itu begitu penting bagi kita semua terutama bagi pariwisata itu sendiri,” jelas Andi Darmawan dalam acara tersebut.

Untuk itu, Andi Darmawan menyampaikan betapa pentingnya orkestrasi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagaimana peran para humas pemerintah untuk menyaring dan menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Bagaimana kepentingan komunikasi di dalam pariwisata, apalagi sebagai Humas yang menjadi mata dan telinga pemerintah. Jangan sampai kegiatan-kegiatan pariwisata itu besar di awal, tapi setelahnya hilang ditelan bumi,” tutupnya.

Kegiatan tersebut merupakan inisiatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel bersama Perhumas Indonesia dan House of GPP. (*)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments